[Review] Okaya Battlecat G100-L Gaming Mouse

This review is credit to agan yudo_w :

http://tinyurl.com/mx8druw

Gan kali ini ane mau ngasih review produk lagi, Mouse Battlecat G100-L, mouse keluaran dari brand Okaya, kali ini Okaya mulai mengembangkan produk multimedianya ke produk gaming.

Sebenernya ada beberapa macam gaming mouse baru dari brand Okaya ini, G100-L, G200-L, G300-U, G400-U, G500-L. Sekelompok gaming mouse ini hampir memiliki persamaan difungsinya, hanya salah satu perbedaannya adalah di jumlah tombol mouse-nya. Kali ini yang akan ane tampilkan buat agan-agan tercinta, adalah Battlecat G100-L, Gaming Laser Mouse dengan 11 tombol untuk berbagai fungsi.

Fitur dan spesifikasi :

Gaming mouse Battlecat G100-L ini memiliki fitur-fitur antara lain : 11 Tombol mouse untuk kebutuhan macro program, dilengkapi dengan Weight Tuning untuk penambahan bobot mouse sesuai dengan kebutuhan pengguna, tombol pengubah DPI mouse, mampu mengubah DPI mulai dari 500 hingga 5000 DPI, juga dilengkapi dengan tombol standard Double Click, dan variasi tambahan adjustable changing LED color, tombol untuk mengubah warna tampilan LED.


Gambar mouse di atas meja


Gambar mouse dalam kemasan


Gambar isi kemasan

Ane mulai dari bagian lapisan atasnya ya Gan, pada bagian telapak tangan, bahan glossy mouse berwarna hitam dikombinasi dengan variasi abstrak warna abu-abu, dilengkapi grip karet pada sisi pegangan kiri dan kanan. Grip ini membuat jari tidak mudah selip saat menggunakan mouse ini. Ukuran mouse yang panjangnya 12cm, tinggi 4cm, lebarnya 9cm (lebar termasuk bagian samping kiri kanan mouse yang diberi grip karet). Untuk tangan ane sih cocok dan pas untuk bentuk model mouse ini.

Mouse ini juga dihiasi dengan Breathing Light, dibalik logo Battlecat pada mouse terdapat LED yang menyala dan mati perlahan secara berkala, pergerakan LED ini membuat seolah-olah mouse ini bernafas, makanya muncul istilah Breathing Light.


Gambar mouse sisi atas

Pada bagian tengah mouse terdapat scroll mouse dan tombol DPI, tombol DPI ini di aktifkan dengan menggeser tombol DPI ke atas atau kebawah. Pada bagian samping kiri klik kiri mouse, terdapat LED indikator berwarna biru, LED akan berpindah pindah menyesuaikan DPI yang diaktifkan, semakin besar ukuran DPI, LED akan bergerak ke atas, dan bergerak kebawah bila ukuran DPI-nya di kecilkan.

Seperti yang disebutkan pada fiturnya, mouse Battlecat G-100L ini memiliki 11 tombol yang dapat dimanfaatkan untuk program macro, yang biasanya dipakai pada game-game FPS (First Person Shooter alias game menembak spt battlefield, call of duty, dll.) Posisi tombol seperti tampak pada gambar.


Gambar posisi 11 tombol

Penempatan satu tombol tambahan pada sisi kiri dan satu di sebelah kanan pada mouse ini, ane rasa udah cukup tepat. terutama tambahan tombol di sisi kiri, bila lebih dari satu ane rasa bakal mengganggu kenyamanan jari pada saat kita menggunakan tombol mouse, apalagi waktu digunakan saat situasi permainan yang darurat dan butuh gerakan cepat dari mouse. Maksud Ane darurat itu pas main game, panik, musuhnya banyak, salah pilih senjata, kalo tombol pilihannya terlalu banyak malah bingung mencet yg mana, hehe..


Gambar posisi samping

Fungsi tombol mouse tambahan untuk yang disebelah kiri, bagian atas kiri, standard penggunaan untuk back dan forward (terutama untuk kebutuhan browsing internet), untuk tombol kiri bawah standard penggunaannya adalah sebagai tombol double click (untuk membuka program, 2x klik, mirip standard bawaan-nya mouse A4tech) jadi anda tidak perlu meng-klik 2x tombol kiri mouse untuk membuka program, cukup dengan meng-klik tombol tambahan tadi, jadi secara tidak langsung menjaga keawetan umur tombol kiri mouse.

Fungsi standard untuk tombol tambahan di sebelah kanan atas mouse, dalam kondisi biasa, tanpa setting software, tombol ini berfungsi untuk merubah warna Lampu mouse.


Gambar bagian bawah

Pada bagian bawah mouse terdapat lobang dengan penutup plastik, berisi 6 buah logam berbentuk bulat yang berfungsi sebagai weight tuning (penambah beban mouse). Penambahan beban ini bermaksud untuk memantapkan posisi mouse agar kursor tidak gampang bergeser. Juga bagi pengguna mouse yang merasa mouse standard terlalu ringan, disinilah fungsi weight tuning mulai dibutuhkan.

Pada paket mouse Battlecat G100-L disertakan cd software, untuk mengaktifkan fitur tambahan mouse yaitu untuk seting tombol tambahan. Untuk tombol selain tombol standard, dapat diseting untuk pengganti tombol keyboard. Pada menu software G100-L ini terdapat beberapa pilihan pengubah fungsi tombol, Basic, Advanced, Media, Macro

Pilihan Basic : Cut – Copy – Paste – Sellect All – Find – New – Print – Save. Perintah-perintah tersebut rasanya familiar bukan? Karena fungsi-fungsi tersebut memang banyak digunakan untuk aplikasi seberti MS-Word, Excel, dan berbagai document software. Agan bisa pakai salah satu atau tombol-tombol tambahan tadi untuk mendukung kinerja agan saat bekerja di software document, misalkan tombol tambahan kanan di pakai untuk fungsi “save” document,

Pilihan Advanced : DPI+ – DPI- – led color switch – tilt left – tilt right – switch windows – close windows – Open explorer – Run – show desktop – lock PC. Perintah-perintah tadi banyak digunakan untuk fasilitas windows

Pilihan media : Play/Pause – Stop – Previous – Next – Volume Up – Volume Down – Mute. Perintah tersebut banyak digunakan di media player, untuk menyalakan file multimedia (music, film, dll)

Pilihan : Macro. Untuk perintah ini, digunakan untuk kebutuhan para gamer yang ingin mengefisienkan, kecepatan respon, kecepatan loading senjata, pergantian / swap senjata yang benar-benar membutuhkan aksi cepat.


Gambar tampilan software G-100L

Kesimpulan :

Secara keseluruhan mouse ini memenuhi semua syarat untuk kebutuhan gaming mouse, dari besar DPI yang mensupport hingga 5000 Dpi, memberi kemudahan untuk pengguna layar monitor berukuran besar, tambahan tombol mouse berfungsi untuk tombol pengganti keyboard, cukup untuk kebutuhan program macro, tambahan software untuk setting tombol mouse sangat penting untuk para gamer, khususnya untuk FPS game, dan untuk weight tuning, menjadi tambahan plus untuk kelengkapan gaming mouse, meskipun weight tuning ini tidak mutlak dibutuhkan untuk setiap pengguna mouse atau para gamer. Dengan harga yang tergolong rendah untuk gaming mouse yang setara, mouse Battlecat ini cukup bisa di andalkan untuk kebutuhan para gamer.

Posted on November 15, 2013, in Mouse Gaming, Okaya and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: