[Review] Steelseries Sensei: MLG Edition

Steelseries Sensei: MLG Edition – Bow to the Tournament Master

Hello guys,
Steelseries Sensei merupakan pilihan banyak pemain game dalam berbagai game. Dengan slogan nya “Meet the Sensei“, kita selayaknya dihadapkan kepada guru bagi para gamers untuk menjadi yang terdepan. Yak, memang benar kita selalu berguru kepada yang terbaik, begitu demikian tersirat pesan dari Steelseries untuk produk yang satu ini.

Ok, kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba test drive pertama kali, “The Most Wanted” mouse tahun ini, Steelseries Sensei, dengan edisi terbarunya yaitu Steelseries Sensei: MLG Edition!

PACKAGING

Steelseries yang biasanya memasyarakatkan kemasan produk mereka dengan warna gelap kali ini sedikit berbeda dari yang biasa. Official licensed mouse dari Major League Gaming ini memilih packaging dengan warna putih, disertai dengan logo Steelseries hitam, dan tulisan jenis produk seperti biasa berwarna jingga.

Bentuk kemasan box juga dibuat bisa membuka di bagian depan, sehingga memungkinkan para calon pembeli untuk terdahulu melihat bentuk dan merasakan grip yang presisi dari bentuk mouse tersebut.

As well, quick start guide, katalog produk, dan stiker juga berada di dalam box. Kelengkapan seperti biasanya pada produk-produk Steelseries.

MOUSE DESIGN

It’s time to lighten up! Yak, mouse saya colokan ke port USB PC saya untuk memberikan daya agar mouse tersebut hidup.

Steelseries Sensei MLG Edition boleh dibilang sama seperti pendahulunya, yakni Steelseries Sensei, memiliki 7-programmable button yang didesain minimalis namun fantastis.

Bagian body mouse juga dibuat simetris dan memiliki 2 shortcut key yang masing-masing terletak di kiri dan kanan mendukung pengguna user left-hand pun tetap bisa menggunakan mouse ini.

tampak samping kiri

tampak samping kanan

Beralih ke bagian body mouse. Steelseries Sensei: MLG Edition hampir mirip dengan Steelseries Sensei dimana finishing body dari mouse ini memberikan tampilan glossy dan bagian samping untuk grip dibuat dari bahan doff.
Tidak dapat berkata banyak, This is truly an entertain gaming mouse! Elegan mewakili setiap kata yang bisa diucapkan untuk mengomentari mouse yang satu ini.

Untuk mousefeet, Steelseries memberikan mousefeet berbahan teflon di 3 sudut mouse, 1 di tengah atas, dan 2 di samping kiri kanan bawah moouse untuk menopang kestabilan dan presisi pergeseran mouse. Sedikit berbeda dari biasanya dari segi warna mousefeet. Biasanya, Steelseries memberikan mousefeet dengan warna hitam, untuk seri kali ini, Steelseries menggunakan warna putih cerah untuk mousefeet bawaan dari Steelseries Sensei: MLG Edition ini.

Kita dapat bandingkan juga di bagian LCD display mouse Steelseries. Perbandingan dapat kita lihat antara Sensei dengan Xai dimana LCD display milik Steelseries Sensei lebih terang dan bercahaya dibandingkan tipe lainnya.

Steelseries Sensei: MLG Edition kali ini sedikit berbeda. Steelseries meninggalkan kebiasaan lamanya yang menyajikan mouse-mouse berkualitas tinggi dengan desain yang klasik. Kali ini, Steelseries memberikan touched-up untuk produk mereka dimana terlihat lebih colorful dan memiliki logo dengan ukiran LED light yang bagus. Tidak tanggung-tanggung, Steelseries Sensei: MLG Edition memiliki LED light dimana terdapat 3 bagian yang dapat diatur warnanya sesuai selera hingga 16.8Millions warna! WOWW…

Bagian scroll wheels, CPI Indicator, dan MLG logo dapat di-adjust cahayanya lewat Steelseries Engine Software.

LED light logo, default colour: red

LED lights scroll wheels (default colour: blue) and CPI indicator (default color: white)

tampilan pada Steelseries Software Engine – bagian illumination settings, LED colors

Kita tengok bagian terujung dari mouse ini. Yak, kabel. Dengan panjang 2 meter, cukup pas menyambungkan mouse dengan PC sehingga tidak terdapat regangan berlebih pada kabel mouse. Kabel juga di ulir ganda supaya mencegah kusut. Ujung USB port, menggunakan USB 2.0 dilapisi plat emas.

Ok. Demikian jabaran dari desain mouse secara keseluruhan, semoga cukup memuaskan teman-teman yang memiliki rencana untuk memilih Steelseries Sensei: MLG Edition.

SPECIFICATION

Perbedaan tedapat di bagian sensor dari mouse ini. Steelseries Sensei, pendahulu seri mouse Steelseries Sensei: MLG Edition menggunakan sensor Avago 9500 dan dapat mencapai 11.400 CPI. Sedangkan versi MLG Edition, Steelseries menggunakan sensor Avago ADNS 9800 8200 CPI dan dengan teknologi yang di built-in kedalam mouse ini, dimana menggunakan processor 32 ARM, kamu dapat memaksimalkan potensi CPI dari seri terbaru ini hingga 16.400 CPI! Such a hugh amount..

Frames per second: 12000
Inches per second: 150
Mega pixels per second: 10.8
Counts per inch: 1 – 8200
Double Counts per inch: 8201 – 16400
Maximum acceleration: 30 G
Sensor data path: True 16 bit
Lift distance: 1 mm
Maximum polling: 1000 Hz

Disini, maximum polling rate yang dicapai hingga 1000 Hz dan hampir tidak ada delay sama sekali antara pergerakan mouse dengan transfer data ke mesin lalu dihubungkan ke  interface yang kita lihat.  Sensor juga akan tetap mendeteksi pergerakan mouse hingga diangkat sejauh 1 milimeter dari surface. Sangat mendukung para player hardcore FPS dengan pergeseran yang sedikit mengangkat mouse.

LCD display pada semua seri Steelseries Sensei dapat di-custom sendiri, berbeda dengan seri lainnya yang tidak dapat di-custom.

PERFORMANCE

Painting test:

Saya membentuk garis lurus dan whirlwind diatas tiga jenis mouse mat berbeda.

Bisa dilihat seberapa precise mouse Steelseries Sense: MLG Edition ini dimana saya sangat nyaman menggunakan mousepad kain untuk menjadi “partner” ketika menggunakan mouse ini.

Saya juga memainkan dua game berbeda.

Saya mengatur shortcut key yang ada di Steelseries Sensei: MLG Edition untuk mempermudah saya menggunakan clickable item pada game DotA2. Sedikit permasalahan yang didapat ialah saya pengguna tangan kanan dan saat ini klik kanan mouse, kerap kali saya juga menekan tombol 7 dari mouse ini dikarenakan posisi yang kurang masuk dari shortcut button.

Untuk mouse mat yang digunakan di 3 pertandingan berbeda:

– Steelseries QcK+ MLG Special Edition

– Steelseries 3HD

– Steelpad 3S

Penggunaan dengan dengan mousemat soft surface sangat mendukung pergerakan mouse, memberikan kesan presisi yang pas dan pergerakan tidak terlalu lambat maupun cepat. rate: 9 / 10

Penggunaan 3HD dengan bahan plastik semi hard surface memberikan sedikit feel yang berbeda saat membuat pergeseran mouse. Lebih glitch tetapi tetap bisa dikatakan yang terbaik. rate: 9.5 / 10

Terakhir, penggunaan mousepad hard surface yang terbuat dari besi membuat mouse sangat ringan untuk digerakan, serasa tidak memberikan pergerakan  berarti, tetapi pointer sudah berpindah jauh. rate: 6 / 10

CONCLUSION

Quote
Andrew “NdRuw”Keputusan saya memberikan rate untuk mouse keluaran Steelseries versi MLG ini ialah 9.2 / 10 dari seluruh mouse gaming yang pernah saya pakai. Mengapa tanggung? Karena ada beberapa missed things yang boleh dibilang sepele namun memberikan dampak yang berarti bagi permainan saya. Contohnya seperti besarnya CPI yang diberikan sangat tidak memungkinkan untuk memaksimalkannya jika penggunaan single monitor. Too much.
Boleh dibilang sebagai terobosan baru dari Steelseries untuk produk yang eye-catching, Steelseries Sensei: MLG Edition memberikan performa yang baik. Disamping itu jarak klik dari seri ke seri diperbaiki. Perbedaan jarak space klik dari Steelseries Sensei dengan Steelseries Sensei: MLG Edition semakin diperkecil sehingga memberikan kenyamanan bagi para gamers. Frekuensi Keypress pun stabil dikedua tombol mouse.

PROS

– Mouse pertama dari Steelseries dengan desain yang keren! Glossy and bright
– Terintegrasi oleh Steelseries Software Engine sehingga memudahkan kita mengatur setting yang kita mau
– Presisi mouse untuk game terlebih game FPS, tidak diragukan
– Bagian body mouse yang glossy memudahkan pengguna untuk membersihkannya dengan mudah
– Pembaharuan jarak klik dari versi-versi terdahulu

CONS

– CPI yang terlalu berlebih untuk teknologi sekelas gaming mouse
– Tombol shortcut bagian kanan sering terpencet oleh jari ketika meng-grip mouse

FAQ:

Q: Kk, Steelseries Sensei ini kan memiliki Onboard Memory, tapi kenapa setelah saya atur dan saya simpan di Steelseries Engine Software, lalu saya bawa ke warnet atau rumah teman settingan saya tidak keluar?
A: Itu karena saat disetting, kalian belum men-drag profile yang telah kalian simpan. Saat menyimpan settingan kalian, settingan tersebut hanya tersimpan di SSE dan dapat mencapai 1000 profile. Untuk memindahkan settingan kalian ke memory onboard Steelseries Sensei: MLG Edition nanti, kalian cukup men-drag profile di SSE yang telah kalian simpan ke On board profile. Nanti akan keluar pop-up bahwa settingan kalian telah berhasil dipindahkan ke On board memory.

 

by Andrew “NdRuw” ( ligagame)

Posted on April 11, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: